Sabtu, 06 Februari 2016

ALAT PERAGA "PANTIK (PAPAN STATISTIKA)"

Alat peraga sangat berguna untuk membantu proses belajar mengajar. Papan Statistik (PANTIK) merupakan alat peraga yang kami buat dengan tujuan dapat dijadikan sebagai media dalam mempelajari materi "Statistika". Alat ini dapat berguna untuk membuat kita lebih memahami Modus, Mean, Kuartil Atas, Median dan Kuartil Bawah dalam bentuk data tunggal.

 

   - ALAT DAN BAHAN

    1. Sterofoam

    2. Karton Warna

    3. Bungkus Kado Plastik Parcel

    4. Sterofoam Karet, Penggaris, Pita, Lem, dobletip

    5. Tuspin dan Stik Es Krim

    6. Gunting

    7. Perekat Kain (biasa digunakan pada baju boneka)


- LANGKAH PEMBUATAN 
1.     Siapkan satu steorofom. 
2.     Lalu lapisi dengan karton berwarna (hitam). 
3.  Kemudian lapisi lagi dengan bungkus kado pascel agar merusak karton ketika di temple dengan kain perekat. 
4.  Dan bahan yang terpenting itu untuk mengisi data soal yang sudah di siapkan yaitu steorofom karet dan tuspin. 
5. Pertama kita bagi steorofom karet menjadi 7 bagian sesuai dengan soal data yang sudah kami siapkan. 
6.  Lalu  kita beri setiap 1 bagian sterofom karet yg sudah kita bagi 7 tadi dengan menggunakan kain perekat agar ketika kita tempelkan dengan perekat kain yang sudah kita tempelkan di lapisan bungkus kado parcel tadi, bias menempel. 
7.  Dan kemudian kami membuat wadah untuk tuspin dengan menggunakan stick ice cream warna. Yang kami tempelkan di bagian kanan bawah steorofom. 
8.   Dan yang terakhir bisa di hias sesuai kreatifitas kalian.

     CARA PENGGUNAAN  
    1. Sterofoam karet yang sudah dibelah menjadi 7 bagian berfungsi sebagai batang yang digunakan untuk menyatakan banyaknya data, sterofoam tersebut dibelah 7 karena contoh soal yang digunakan sebanyak 7 buah data. Sterofoam karet tersebut ditempelkan ke pantik (papan statistik).
     2. Tuspin digunakan untuk menunjukkan jumlah data dari setiap batang (sterofoam karet). Tuspin ditusukkan pada sterofoam karet sesuai dengan contoh soal. 
          3. Untuk mencari modus maka lihat jumlah tuspin yang sring muncul dari setiap batang.  
     4. Untuk mencari mean (rata-rata) maka ratakanlah jumlah tuspin disetiap batang.  
     5. Untuk mencari kuartil atas, median dan kuartil bawah maka urutkanlah batang (sterofoam karet) dari yang memiliki jumlah tuspin terkecil hingga terbesar kemudian dapat dilihat yang mana kuartil atas, median dan quartil bawahnya.

       - DESKRIPSI DAN DOKUMENTASI KEGIATAN  
           * Jumat, 21 Januari 2016
    Kami mendemonstrasikan alat peraga “PANTIK” yang telah kami buat pada teman-teman seangkatan. Banyak respon positif dan saran yang kami terima dari teman-teman akan tetapi sangat disayangkan kami kurang mendokumentasikannya. Kami hanya mendokumentasikan beberapa foto saja. Tak semua dari teman kami mengunjungi stan alat peraga kami karena ada dari beberapa teman-teman yang sibuk mengurusi stan mereka dan ada pula yang mengikuti seminar pada saat itu.


  
     Karena tidak sempat mendokumentasikan banyak foto kami meminta beberapa teman untuk berfoto bersama pada Jumat, 28 Januari 2016 namun kami hanya sempat  mengajak 2 orang teman sebab alat peraganya langsung disimpan di lab. Matematika.
      
    
     * Rabu, 26 Januari 2016
     Kami membuat video penjelasan alat peraga “PANTIK” yang kami buat dan kami berencana mengunggah video tersebut ke You Tube. Tujuan kami membuat video ini adalah agar teman-teman yang tidak sempat menyaksikan demonstrasi alat peraga kami dapat menonton video tersebut dan juga agar alat peraga yang kami buat dapat dikenal dan dilihat oleh masyarakat. Dan akhirnya pada tanggal 19 Maret 2016 kami mengupload video yang telah kami buat tersebut ke youtube.


   - PENDAPAT TENTANG  ALAT PERAGA “PANTIK”
      1. Annisa Nurzalena
       Menurut saya alat peraga yang kalian buat sudah bagus dan membuat guru lebih mudah mengajarkan materi statistik tanpa harus menggambar ulang di papan tulis dan langsung   busa diaplikasikan sesuai data yang diketahui namun agak sedikit sulit jika angka/data tidak sama ataupun misal hasilnya bukan bilangan bulat dan mungkin waktu penyusunan tuspinnya agak lama.


Sanggahan dari kami : Kami akan memperjelas bahwa yang Annisa maksudkan data tidak sama dan hasil yang bukan bilangan bulat itu adalah ketika mencari rata-rata, dan kami pun telah menjelaskan pada Annisa jika saat meratakan data hasilnya tidak rata misalkan ada salah satu batang yang meliki 6 buah tuspin sedangkan batang yang lain 5 buah tuspin maka ada 1 tuspin yang berlebih jadi untuk mencari mean-nya 5+1/7 dikarenakan jumlah data ada 7.

2. Mardiah Aqidah Islamiah
Cobalah membuat soal-soal problem solving yang memiliki tingkat mudah, sedang dan sulit agar siswa mau berpikir kritis dan kreasikan lagi alat peraga kalian serta ukurannya diperbesar.

3. Arif Miswanto
Menurut saya alat peraganya sudah cukup membantu dalam mempelajari materi ajar statistik namun untuk tampilannya mungkin bisa dikreasikan lagi agar lebih menarik.

4. Rogayah
Alat peraga kalian itu simple dan tepat karena dengan adanya alat peraga kalian materi statistika lebih mudah dipahami, saran saya coba kalian cari ide lagi untuk yang data kelompok.

5. M. Ridho Ratu Berlian
Alat peraga kalian sudah bagus dan saran saya hanya dibuat lebih menarik lagi saja.

6. Yuliana Novita Sari
Sudah bagus tapi pikirkan agar alat ini juga bisa digunakan untuk data kelompok juga bukan hanya data tunggal saja agar multi fungsi.

Sanggahan dari kami : Kami memang memilih materi statistika untuk siswa smp kelas IX dan di materi itu belum dijelaskan tentang data kelompok jadi kami menggunakan alat yang hanya bisa mencari modus,median, mean, kuartil dalam bentuk data tunggal sehingga kami tidak membuatnya multi fungsi dengan data kelompok, namun saran dari Yuliana sangat bagus untuk kami coba dimisalkan kami ingin menjelaskan materi statistik SMA.

7. Lara Mayang Sari
Perekatnya harus lebih kuat agar posisi batangnya rapi, tolong disamping alat pegara kalian buat catatan kecil pengertian median, modus, kuartil, mean dan tulis juga rumusnya agar dapat dijadikan pembanding.

Kami sangat berterima kasih pada teman-teman yang telah memberikan pendapat dan sarannya tentang alat peraga “PANTIK”. Saran dari teman-teman dapat menjadi koreksi bagi kami untuk memperbaiki alat peraga yang kami buat di lain kesempatan. Kami pun berharap semoga alat peraga ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share:

14 komentar:

  1. cobak masukkin link ny aja cak yang berbentuk pdf jadi orng gak langsung copas aja wkwkwk

    BalasHapus
  2. Justru itu tok, kalo susah di copas nanti orang males ngunjungin blog nya wkwk... Kan rata2 orang itu lebih seneng copas tok, nggak masalah kok tok kalau ada yang copas asalakan dipilah dlu jangan asal main copas wkwkk... Mekasih ya tok saranny 😊

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. artikel anda sudah bagus apalagi kalo pas praktik peragaan diberitahu soalnya melalui gambar terus kayak dikasih tutorial penyelesaiannya pasti lebih bagus........ SEMANGAT

    BalasHapus
  5. Terima Kasih tania atas sarannya tapi peragaan dan soalnya itu udah dibahas di video yang di upload di you tube tan, semangat juga buat tania :)

    BalasHapus
  6. sudah bagus dan menarik sekali aisyah tapi coba deh alat peraga kelompok lain juga dimasukkan aisyah jadi lebih banyak lagi bahasan dimateri ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia fifa rencananya emang mau dimasukin tapi di laman yang berbeda, kalo yang ini khusus karya sendiri, mekasih sarannya fifa :)

      Hapus
  7. Aisyah, boleh gak kalau gaya mau ngeshare alat peraga aisyah di blog gaya ? bolehlah yaaa :p hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan saja Rogayah, mekasih ya rogayah udah mau ngeshare :)

      Hapus
  8. mau komen apa ya . Sudah lengkap semua :D

    BalasHapus
  9. terimakasih, sangat menginspirasi boleh saya pakai untuk tugas saya kak ?

    BalasHapus
  10. kak , boleh minta tolong jelaskan tidak tentang sanggahan kakak dari pendapatnya kak anisa diatas. 5+1/7 itu gmana ya kak mksdnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. kurang paham maksudnya gimana. mohon penjelasan nya kak Aisyah Turidho.

      Hapus
  11. Kak, bagi untuk menurut teori penjelasan menurut ahli dong

    BalasHapus

My SlideShare

About Unsri

Page Viewer

Flag Counter

Flag Counter

Feedjit

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified